Selasa, 22 September 2015

Tips melembutkan hati


Hal yang wajar jika manusia  tempatnya lupa dan khilaf, sama halnya ketika hati  lagi  merasa tinggi,  merasa paling benar dan merasa sempurna.  Maka tugas  kitalah untuk melawannya, agar hati yang sedang goyah tidak semakin keras.
Bukannya  Indah ketika  hati yang tertaut padaNYA? Bukannya damai ketika hati merasa tenang? Bagaimana cara untuk menaklukan hati agar tetap terjaga kelembutannya? Simak ya!

1.  Perbanyak membaca Al-Qur'an & Mendengar Murotal Al-Qur'an

Al-Qur`an merupakan nasehat dari Rabb semesta alam, firman dari Tuhan. Tiadalah seorang hamba membacanya melainkan dimudahkan baginya mendapatkan tuntunan (Ilahi) saat membacanya, karenanya Allah berfirman dalam Kitab-Nya :
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS.Al-Qamar (54):17).

2. Perbanyak Zikir (mengingat Allah)

Mungkin jika hati ini menjadi keras,karena kita luput dalam menyebut Asma-NYA?  Berapa kali kita mengingat Allah dalam keseharian kita? Berapa kali kita mengingat Allah ketika bahagia? “Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang. (RA'ad:28)

3. Berinteraksi dengan orang yang kondisinya dibawah kita

Dengan begitu, hati kita menjadi lembut dan tersadar bahwa banyak orang yang dibawa kita yang menjadikan kita tak layak untuk meninggikan diri

4. Bersahabat dengan orang yang baik Agamanya

Karena teman yang baik agamanya akan selalu mengingatkan kita dan menyemangati kita dikala merasa kufur. Dengan begitu hati akan selalu terjaga.

Jika seseorang memiliki teman yang baik agamanya, maka ia akan mendapatkan kebaikan yang banyak pula

5. Perbanyak doa

Siapa yang dapat membolak-balikan hati kalau bukan Allah sang pemilik hati?maka, seringlah  Berdoalah agar Allah selalu menjaga dan menguatkan hati agar senantiasa terjaga oleh kasih sayangNYA 'Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.(HR. Tirmidzi)

Selamat menjaga hati! Hati-hati dengan hati ya, muslimah! Semoga kita selalu  bisa menjaga hati :)

Tidak ada komentar: