Rabu, 23 September 2015

SMA NEGERI 1 SAMPANG

SMA NEGERI 1 SAMPANG




SMA Negeri (SMAN) 1 Sampang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Sekolah ini adalah sekolah favorit yang ada di Kabupaten Sampang yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto 73 Sampang. Dulunya hanya bernama SMA Sampang karena hanya satu-satunya sekolah menengah atas yang ada di Sampang, namun dengan berdirinya SMA lain maka namanya pun berubah menjadi SMA 1 Sampang yang kini lebih sering disebut "SMANSA" .

Sama pada umumnya, SMAN 1 Sampang mempunyai tiga tingkatan kelas yaitu kelas X, XI, XII. Pada masa sekarang kelas X di SMAN 1 Sampang sudah mulai penjurusan IPA dan IPS. Kelas yang ada di SMAN 1 Sampang ada sekitar 30 kelas, dimana pada tiap-tiap tingkatan terdiri dari 10 kelas, 7 kelas untuk Ipa dan 3 kelas untuk Ips. Untuk kelas Ipa terdapat dua kelas unggulan yang ditempati oleh anak-anak berprestasi yaitu Ipa 6 dan Ipa 7. Smansa juga mempunyai berbagai fasilitas yaitu Lab. Fisika, Lab. Kimia, Lab. Bahasa inggris, Perpustakaan, Kantin, Musholla, Multimedia room, Aula Graha Parekas, Lab Tik dan lain lain.

SMA Negeri 1 Sampang memiliki berbagai macam ekskul yang ditawarkan yaitu :

1. Pramuka 
Ekskul ini pada K13 menjadi ekskul wajib di Smansa. Setiap siswa diwajibkan mengikuti ekskul ini berdasarkan peraturan pemerintah. Pramuka Smansa berhasil memenangkan berbagai macam lomba pada baru-baru ini. Ekskul ini dilakukan stetiap sore di hari jumat.

2. Paduan Suara
Merupakan ekskul tempat para penyanyi. paduan suara Smansa sangatlah aktif, ekskul ini berhasil memenangkan berbagai macam lomba contohnya pada Pekan Seni Pelajar. Paduan suara ini juga selalu ada di setiap upacara senin Smansa.

3. Gaspala
Ekskul untuk para siswa pecinta alam. gaspala pernah melakukan pendakian pada gunung - gunung yang ada di Jawa Timur seperti di Penanggungan. Kebanyakan anggotanya adalah laki-laki namun banyak juga wanitanya.

4. PMR
Palang Merah Remaja merupakan ekskul yang bediri untuk bidang kesehatan Smansa. untuk setiap acara dan event besar Smansa PMR selalu siap siaga jika ada warga Smansa yang butuh pertolongan kesehatan. 

5. Demas dan Remas
Jika pada umumnya bernama ekskul kerohanian islam, maka untuk Smansa mempunyai nama yang berbeda. Demas merupakan ekskul kerohanian islam untuk wanita yang dilaksanakan pada jumat pulang sekolah. Kegiatannya  tilawah, kajian, sharing tentang wanita, ada juga outbond, tadabbur alam, event hijabi, dll. Sedangkan Remas adalah ekskul kerohanian islam untuk lelaki smansa. Kegiatannya adalah mengurusi amal jumat untuk tiap-tiapa kelas, tilawah, dan lain-lain.

6. Ekskul bidang olahraga
Terdiri dari ekskul footsal, volly, dan basket. Ekskul olahraga Smansa sering kali menjuarai lomba diberbagai pertandingan baik tingkat kabupaten maupun se madura.

7. Majalah MEKAR
tempat  untuk siswa Smansa menyalurkan karya dalam bidang sastra dan seni, dan ini adalah ekskul untuk siswa yang ingin belajar jadi reporter, redaksi majalah, fotografer, komikus dan penulis. Untuk bisa jadi anggota mekar tidak mudah karena harus lolos dari beberapa tes yang diadakan.

8. Ekskul bela diri
terdiri dari ekskul silat dan taekwondo.

itulah beberapa ekstrakulikuler yang ada di SMA NEGERI 1 Sampang. 

Siswa siswi smansa telah meraih berbagai macam lomba, baik itu tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional, begitu banyak prestasi yang diraih untuk mengharumkan nama SMA Negeri 1 Sampang. Apalagi untuk olimpiade sains nasional (osn) siswa smansa pernah meraih sampai tingkat internasional.









Tidak ada komentar: